Berita

Bimtek Perencanaan Penyusunan Anggaran Prioritas Tahun 2023

Selasa Pahing, 15 Februari 2022 14:31 WIB 156

Bertempat di Grand Rohan Jogja pada Selasa (15/02/2022) 2022 Dinas Dukcapil menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Prioritaa 2023. Acara ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural , subkoordinator dan ADB di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Kepala Dinas Dukcapil Bantul (Bambang Purwadi Nugroho, S.H., M.H.) berkenan membuka acara dan memberikan pengarahan tentang perencanaan kegiatan tahun 2023.

Narasumber utama dalam kegiatan tersebut dari BAPPEDA Kabupaten Bantul (Husin Bahri, S.E., M.AP) memberikan materi tentang Penentuan Prioritas Anggaran Perangkat Daerah. Dalam paparannya Husin Bahri menyampaikan bahwa perencanaan merupakan proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

Ditambahkan Husin Bahri dengan merencanakan berarti proses untuk memilih berbagai alternatif tujuan agar tercapai kondisi yang lebih baik, cara/kegiatan untuk mencapai tujuan/sasaran dari kegiatan tersebut dan berbagai program dan kegiatan yang prioritas karena tidak semua dapat diselesaikan secara bersamaan dan juga karena kendala sumberdaya keuangan.

“Penentuan prioritas harus dibantu dengan berbagai alat analisis yang cukup memadai agar penentuan urutan prioritas betul-betul sesuai dengan kepentingan masyarakat, “ terang Husin.

Seperti halnya Dinas Dukcapil memiliki permasalahan antara lain Kesadaran Masyarakat yang rendah untuk update database, pemutakhiran data kependudukan belum optimal, cakupan kepemilikan akte kelahiran masih rendah (57,79%), belum semua anak usia 0 – 16 tahun memiliki KIA, belum semua perangkat daerah memanfaatkan data kependudukan untuk pelaksanaan program kegiatan, dan masih ada data yang dilaporkan masyarakat yang tidak valid. “Nantinya penentuan skala prioritas dapat menggunakan metode skoring USG,”ungkapnya.

Acara Bimbingan teknis tersebut diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab mengenai rencana kegiatan pemutakhiran data pemilih yang direncakan akan dilaksanakan di tahun 2023. (ririe)


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
Aplikasi Dukcapil Smart Bantul

Media Sosial

Pengunjung
  • Pengunjung: 3003901
  • Online: 11
  • Hari ini: 68