Berita

“Leontin Mas Dukcapil Bantul ” topik Dukcapil Belajar sesi enam.

Jumat Pon, 11 Februari 2022 13:55 WIB 170

foto
Kepala Dinas Dukcapil Bantul mejadi narasumber dalam acara zoom Meeting Dukcapil Belajar sesi enam (11/2/2022)

Jum’at(11/2/2022) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul menjadi narasumber dalam kegiatan Dukcapil Belajar sesi keenam  yang diikuti oleh  Dukcapil seluruh Indonesia. Tema Dukcapil Belajar sesi 6 ini adalah inovasi LEONTIN MAS (Legalisir Online Mudah, Akurat, Simpel). Acara yang diselenggarakan melalui zoom tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Dukcapil Kemendagri RI setiap jumat pada pukul 08.00 sampai dengan 09.30 WIB.

Dalam sesi Dukcapil Belajar sesi keenam tersebut Dirjen Dukcapil (Prof. Zudan Arif Fakhrullah) memberikan pengarahan dan memberikan apresiasi kepada Dukcapil Bantul karena sudah membuat sebuah inovasi untuk memudahkan masyarakat.

 “Untuk dokumen lama yang tidak ber TTE sepanjang tidak ada perubahan data maka tidak perlu di rubah ke dokumen ber TTE, untuk Akta Kelahiran dan Kematian relatif statis kecuali untuk KK akan terus dinamis sehingga bisa diajukan ke dokumen yang ber TTE. Sehingga dokumen lama masih diperlukan legalisir sedangkan dokumen baru yang sudah ber TTE tidak diperlukan lagi legalisir, “terang beliau.

Dalam paparannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Bambang Purwadi Nugroho, S.H,M.H) menyampaikan bahwa Leontin Mas adalah inovasi layanan legalisir dokumen kependudukan secara online melalui email disdukcapil.kabbantul@ gmail.com, latar belakang dibuatnya  inovasi ini karena  di  lapangan masih banyak keluhan masyarakat bahwa legalisasi dokumen adminduk merepotkan.

 “Adanya pandemi covid-19 memunculkan tatanan baru di masyarakat, termasuk dalam pelayanan publik. Protokol kesehatanyang harus diterapkan seperti jaga jarak, tidak boleh ada kerumunan, meminimalisir tatap muka, berakibat merubah hal-hal lain terkait pelayanan, sehingga kita membuat sebuah inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan legalisir dokumen kependudukan.”Jelas Bambang.

Ditambahkan oleh Bambang Purwadi  bahwa Inovasi Leontin Mas dimaksudkan memberikan kemudahan bagi para pemohon legalisir dokumen kependudukan yang mudah dan efisien dan meningkatkan kesadaran masyarakat/pemohon dalam mengurus dokumen kependudukan dan pemutakhiran data.

Sedangkan tujuan inovasi ini untuk meningkatkan kualitas layanan legalisir dokumen kependudukan dan mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan serta mengedukasi masyarakat untuk menerapkan layanan online Administrasi Kependudukan. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab baik secara langsung maupun chat room. (ririe)

 


Frequently Asked Questions (FAQ)
  1. NIK dan KK tidak dapat digunakan untuk layanan online (BPJS, Vaksin, NPWP, Prakerja, Perbankan, dll) ?    Silakan mengajukan konsolidasi data melalui WA 082133256500.                                      
  2. Kesulitasn / tidak bisa masuk di aplikasi Dukcapil Smart, muncul notifikasi reset KK?  Mengajukan reset KK melalui WA 082133256500.                                      
Aplikasi Dukcapil Smart Bantul

Media Sosial

Pengunjung
  • Pengunjung: 3003933
  • Online: 11
  • Hari ini: 100